bikin kue ulang tahun!

Nggak tau deh gue kesambet apa, tapi tiba-tiba gue pengen bikin kue ulang tahun buat Putra tiup lilin! Tapi kayanya emang lagi bosen banget sama kue-kue yang ada dan biasa dipesan, terus baru dikenalkan kue super enak sama Anya, pas #masakdate dan #mamamdate di rumahnya, jadi lah pingin banget percobaan sendiri.

Judul kuenya: Chocolate Buttermilk Cupcakes with Earl Grey Icing & Salted Caramel. Sadis yaaa judulnya! Pas baca resepnya pun juga stres bener gue. Sampe dibaca berulang kali untuk meyakinkan diri kalo kue ini bisa dibuat oleh gue. Sampai H-2 keputusan untuk membuat kue ini semakin kuat, tapi pas H-1 tiba-tiba senewen sendiri dan hampir berubah haluan resep, hihihi. Cuma berhubung bahan udah dibeli dan mental udah siap 90%, masak harus mundur lagi…ciyeee.

Sebenernya sih, pede aja asal mengikuti langkah-langkah yang ditulis di resep. Cumaaa…resep ini kan resep cupcakes sementara gue pingin bikin kue utuh, abis kurang seru aja kalo tiup lilin di kue mangkok kecil gitu kan. Walaupun udah ada catatan di resep, kalau mau dijadikan kue utuh, takaran adonan harus dobel, tetep aja gue senewen. Kedua, gue belum pernah memanggang kue ulang tahun! Yang mana, dari momennya sendiri aja udah sangat memberi tekanan, kalo kuenya gatot gimanaaa? Bisa nggak jadi tiup lilin dong!

Akhirnya gue tetap menjalankan rencana A, walaupun masih keder ngeliat resep icing-nya. Untung Anya, mentor gue (hahaha) juga udah ngirimin resep alternatif buat frosting. Jadi gue juga udah menyiapkan bahan buat frosting alternatif untuk keadaan darurat!

Sabtu jam 7 malam, kira-kira 5 jam sebelum jam 12 teng untuk tiup lilin gue udah masuk dapur. Hohoho akhirnya #midnightbaking juga nih! Pertama-tama menyiapkan adonan kuenya karena menurut resep, adonan yang dijadikan kue harus dipanggang selama 45 menit dan lagian kalau dibandingin sama resep icing dan salted caramel-nya, resep kuenya adalah bagian yang paling nggak terlalu ribet.

Adonan kue sudah jadi! Sudah dituang ke loyang yang sudah dialasi kertas roti dan langsung dimasukan ke oven yang udah dipanaskan terlebih dahulu di suhu 200 derajat Celcius. Oke, berikutnya adalah bikin Earl Grey Icing-nya. Duh berdebar-debar banget. Di sesi ini, gue super menjaga emosi, nggak mau terburu-buru (walaupun gak sabar dan geregetan banget). Semua diukur bener-bener secara teliti. Tapi akhirnya kesalahan terjadi pas mecahin telur, berhasil mecahin 3 telur untuk dapetin putih telurnya, eh pas telur keempat kuning telurnya ikutan…huh! Akhirnya berusaha banget nyendokin si kuning telur sampe hilang semaksimal mungkin, yang mana susah bener!

Lalu tiba saatnya mulai memasak.

Dan berakhir gagal!

Huh!

Gosong aja gitu icing-nya, yang katanya harusnya berbentuk sirup karamel gitu, nggak ada sirup-sirupnya sama sekali. Malah brindil-brindil pekat gitu. Langsung deh, dari kompor, buang ke tempat sampah. Udah terlalu sebel liatnya.

Lalu karena nggak mau buang waktu, gue pun langsung beralih ke resep alternatif. Beda banget sama resep icing yang sebelumnya, kali ini lancar jaya dan super gampang! Tampilan krimnya halus, lembut dan baguuuss (duh, aneh banget sih gue ngomongin tekstur krim kue!) dan rasanya…rasanya…enak! Manis dan ada rasa earl grey-nya, aduh enak sekali!

Nah yang terakhir adalah bikin salted caramel sauce-nya. Untuk bagian ini, akhirnya secara mendadak gue memutuskan untuk menggunakan resep saus salted caramel yang biasa gue pakai. Sebenernya sih resep baru ini nggak terlalu beda dengan resep yang biasa gue pakai tapi kayanya gue kecapean dengan permainan emosi pas bikin icing yang gatot, jadi gue memilih jalur zona nyaman aja untuk salted caramel sauce ini.

Earl grey buttercream frosting udah jadi, salted caramel sauce juga udah jadi, eh drama belum selesai ternyata. Pas timer masak berbunyi yang artinya kue sudah matang, gue langsung mematikan oven. Eh tapi…tapi pas diliat kuenya, kok tengahnya masih cair? Pas gue tes pakai batang lidi, eh nempel banget di lidinya. Masih cair banget kayak susu coklat! Akhirnya masukin lagi ke oven dan dipanggang lagi selama 25 menit.

25 menit berlalu…timer bunyi lagi! Buka oven, cek kue.

Masih cair, tapi udah mulai lebih padat dari yang sebelumnya. Ya ampuuun. Akhirnya lanjut panggang lagi sambil pasang timer lagi: 20 menit. Sambil gue cek per 5-10 menit.

Ya ampun, seneweeeenn! Asli udah mikir, bakal tiup lilin di atas frosting aja atau saus salted caramel aja kalo kuenya gatot juga, hahaha. Ya soalnya insiden kue ini terjadi, jam udah menunjukkan jam 10 malam. Nggak mungkin dong ada toko kue yang masih buka…kecuali sih mau pesan antar kirim PHD aja dan tiup lilin di atas pizza :P

Alhamdulillah 20 menit berlalu dan kue pun akhirnya matang. Wow! Jadi artinya waktu memanggang adonan kue (bukan cupcakes) bukan 45 menit seperti yang tertulis di resep, tapi justru 2×45 menit = 90 menit! Nggak tau deh, mungkin masalah di perbedaan oven juga bisa berpengaruh ya? Ah yang penting kue udah mateng!

Ini lah penampakannya…

IMG_3755

Berhasil juga tiup lilin teng jam 12 malam dengan kue berjudul sadis ini, woohoo!!

Selamat ulang tahun Puca! We love you!

IMG_3771IMG_3769IMG_3778IMG_3770

Oh iya, resep asli Chocolate Buttermilk Cupcakes with Earl Grey Icing & Salted Caramel ini bisa dilihat di sini tapi gue belum sempet mengkaji ulang (caelah) untuk tips dan trik membuat kue ini. Mudah-mudahan di posting berikutnya ya ;)

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 70 other followers

