gratil

Tadinya di tahun 2012, gue berniat untuk memulai usaha kerajinan tangan kecil-kecilan. Cita-citanya bisa jualan di etsy gitu lho. Kecil-kecilan maksudnya dikerjakan kalau ada waktu dan suka-suka gue aja, hehehe. Ya soalnya situasinya memang belum memungkinkan aja buat gue untuk kerja penuh waktu, kecuali gue punya pengasuh buat Sigi yang bisa membantu gue mengurus kebutuhan Sigi sehari-hari. Eh tapi rencana ini akhirnya belum berhasil diwujudkan karena gue mendapat tawaran kerja paruh waktu jadi administrator social media sebuah produk bayi. Yang mana, walaupun paruh waktu tetap saja membutuhkan komitmen untuk mengerjakannya di sela-sela mengurus Sigi. Jadi ya nggak mungkin lah gratil-gratilan secara rutin selama 2012.

Nama Gratil sendiri punya arti ‘tangan yang nggak bisa diam’, sejujurnya gue nggak tau sebenarnya kata ini aslinya berasal darimana. Kayanya sih bahasa slang Jawa, soalnya gue suka mendengar kata ini dari mulut bokap atau nyokap. Yah, pokoknya kata ini terdengar enak dan cukup punya makna yang mengasosiasikan sesuatu yang nggak bisa diam.

Akhirnya menjelang akhir tahun, kesempatan buat gratil-gratilan datang juga. Awalnya karena Sigi udah semakin nggak bisa diem, butuh banyak kegiatan yang menstimulasi. Gue juga nggak tega membiarkan dia sibuk sendiri sama mainan-mainannya dan nonton televisi aja, melihat anak ini memang butuh rangsangan yang semakin banyak dan sayang kalau nggak ‘ditangkap’.

Jadi lah gue kembali membuka-buka akun Pinterest.com yang udah berdebu banget karena nggak pernah dibuka lagi. Nggak pernah dibuka karena setiap kali login dan mulai browsing Pinterest, pasti nggak bisa berhenti, sibuk like dan repin. Sementara gue punya banyak hal yang musti dikerjakan. Sementara lagi kegiatan repin hal-hal menarik dari Pinterest cuma bikin gue stress karena sebenarnya pingin mulai gratil lagi tapi nggak ada waktu!

Screen Shot 2012-12-30 at 7.23.03 AM

Dan tentu saja, sekarang pun kalau login dan mulai browsing, pasti nggak bisa berhenti. Tapi paling nggak udah mulai bisa melakukan sendiri kegiatan dan bikin kerajinan tangan berkat nyontek dari Pinterest! Sigi juga jadi punya kesibukan lain selain ngebut-ngebutan pake sepeda dan mobil-mobilannya deh! Definitely will doing some more gratil-gratilan in 2013!

Leave a Reply

