perayaan 2 tahun jadi ibu

Salah satu peristiwa istimewa di tahun 2012, Sigi ulang tahun ke-2! Istimewa karena dia berhasil melewati beberapa tonggak pertumbuhan dan perkembangan penting: bisa disapih alias nggak menyusu ASI lagi dan sudah bisa ngomong lebih dari 50 kata! Horeeeee! Buat gue penting karena gue sempet ragu kita bakal susah payah mencapai tonggak itu. Ya nggak gampang juga sih, tapi juga nggak terlalu berdarah-darah juga.

Penyapihan berhasil dilakukan di usia 22 bulan. Sigi udah bisa tidur siang dan malam tanpa menyusui lagi. Nggak pake drama, walaupun juga nggak bisa dibilang ‘weaning with love’ karena diawali pada suatu hari gue bilang ke dia kalau produksi susu ibu habis dan gak disangka-sangka dia memutuskan untuk nggak mau menyusu lagi. Tapi memang sih, selama berbulan-bulan gue dan Putra jadi radio rusak bilang ke dia: umur 2 tahun udah nggak menyusu Ibu lagi ya karena Sigi udah gede! Jadi mungkin ada pengaruh bawah sadarnya juga untuk akhirnya berani menyapih dirinya sendiri 2 bulan sebelum tenggat waktu, keren!

Lalu tentang bicara juga sempat jadi kekhawatiran gue, soalnya pas usia 15-18 bulan, kata-kata yang diucapkan Sigi cuma 2-5 kata dan nggak jelas. Padahal di rumah, gue dan Putra udah cukup cerewet dan rajin ngajak dia ngobrol, selalu bacain buku dan selalu berusaha melakukan kegiatan yang merangsang dia bicara. Eh nggak disangka-sangka, pulang dari jalan-jalan ke Eropa, dia nyerocos dan terus menerus menambah kosakatanya! Ternyata, butuh liburan dulu baru keluar semua kata-katanya, hehehe.

Buat merayakan petualangan Sigi selama 2 tahun, kami nggak bikin pesta seperti waktu Sigi ulang tahun pertama. Gantinya, kami mengajak dia jalan-jalan ke Taman Safari Indonesia. Sigi seneeeeng banget, dia juga nggak takut dan selalu maju paling depan buat ngasih makan binatang, canggih deh! Dia juga nggak rewel sama sekali hari itu, selain juga makan banyak, dia juga selalu maksa mau makan sendiri, membanggakan deh pokoknya. Puncaknya, dia mau tiup lilin dan menikmati sekali kegiatan tiup lilin itu, padahal bulan-bulan sebelumnya setiap kali liat api dan lilin, selalu mundur dan NO NO NO! Top!

Sebagai ibu, petualangan dan pengalaman ini bener-bener satu hal yang super istimewa deh, lebih-lebih dari menang pitching brand, hahaha! Terima kasih ya Sigi buat 2 tahun yang seru dan penuh cerita. Now, let’s begin the journey of terrific/terrible two!

IMG_9043

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s