percobaan pertama: mug cake!

Gara-gara temen gue nanyain gue punya resep cemilan/kue yang gak membutuhkan oven, gue jadi teringat pernah dikasih tahu soal Mug Cake. Mug Cake itu kue yang dibikin menggunakan mug (gelas kopi) dan memasaknya menggunakan microwave. Seru kan, seru kan? Kebeneran banget juga langsung dapet link resep Mug Cake ini, langsung deh siap-siap bikin sesuai dengan bahan yang ada di rumah.

Sumber resep: Kirbie Cravings

Peanut butter mug cake

Yield: 1 | Prep Time: 5 mins| Cook Time: 2 mins | Total Time: 7 mins

Ingredients:

4 tablespoons all purpose flour
4 tablespoons white granulated sugar
1/4 tsp baking powder
1 egg
3 tablespoons peanut butter
3 tablespoons milk
3 tablespoons vegetable oil

Directions:

Combine all ingredients in an oversized coffee mug. Whisk well with a small whisk until smooth. Microwave on high for 1 1/2 minutes and then take it out to check to see if it is done. If not, continue to microwave in thirty second intervals. Mine was done at 2 minutes. You don’t want to overcook it or it will become rubbery. You can also make this into two smaller-sized mugs. You can mix the batter all in one mug and then pour half into another mug. Make sure you cook each one individually.

Pas di 30 detik pertama ngeliatin microwave kok kayanya gak ada tanda-tanda adonan bakal ngembang. Kebayangnya bakal jadi kayak susu coklat panas gitu, hahahaha. Udah sempet ngomong ke Tari, mbak di rumah, kalo kayaknya gagal nih. Eh tau-tau adonannya yang udah berbentuk kue nongol-nongol gitu dari mug. Waahh takjub banget, ternyata bisa ya bikin kue pake microwave!

Setelah 1:30 menit, gue keluarin tapi karena merasa nggak pede, jadi gue masak lagi selama 30 detik lagi. Soalnya seperti kata Kirbie, maksimal 2 menit lah untuk bikin mug cake ini.

photo(29)

Ini tampilan mug cake-nya, berantakan ya. Soalnya memang gitu, kalo lagi dimasak, pas mengembang, adonannya sampai keluar-keluar dari mug-nya, tapi pas udah selesai, kempes lagi masuk ke dalam mug. Cuma ternyata soal rasa dan tekstur, gue nggak suka! Nggak lembut kayak kue oven alias bantet gitu. Sigi juga nggak suka, gagal deh mau bikin buat snack ke sekolah.

Oh well, tapi tetap penasaran mau coba rasa lainnya kok!

3 thoughts on “percobaan pertama: mug cake!

    • di situsnya Kirbie Cravings macem-macem kok La, kemarin bikin yg peanut butter krn cuma punya bahan itu. Tar yaaa kalo aku bikin-bikin lagi. Tertarik bikin yg nuttela!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s