mengapung

Pertama kali denger nama band Float di acara Urban Festival di Ancol tahun 2007. Sebenernya penasaran banget pengen liat karena beberapa orang yang gue kenal yang dateng ke acara itu, semua bilang mau nonton Float. Sayangnya gue udah harus pulang pas jam Float manggung. Jadi ya nggak kesampean pengen tahu musiknya Float kayak apa.

Setelah itu gue mulai penasaran sama yang namanya Float. Cumaaaaa kok gue ngerasa susah banget dapetin mp3-nya (dan bloon sih nggak pernah ngecek Youtube juga buat nyari videonya gitu kek!). Plus itu kayaknya juga mulai memasuki masanya gue nggak ngikutin musik baru dan sibuk belajar lagu-lagunya (jamannya) Putra. Jadi makin nggak usaha nyari lagi dong dan lama-lama lupa deh sama rasa penasarannya.

Terus pertengahan tahun 2012, nama Float mulai muncul lagi. Kali ini ramai dibicarakan di social media, karena mereka membuat suatu acara berjudul “#Float2Nature”. Jadi mengutip dari blog ini Float2Nature ini adalah Floatspot (Float’s Gigs) di Dieng, di mana orang dapat menikmati pertunjukan musik Float sambil menikmati keindahan alam, jauh dari hiruk pikuk kota besar.

Pas tau konsep #Float2Nature, waduh merinding, langsung kebayang Sigur Ros. Padahal sih dengerin lagu Float aja belom! *toyor*. Tapi ya udah lah ya, kan udah nggak mungkin juga ikutan #Float2Nature. Nah tapi sejak itu, gue mulai kembali sibuk lagi nyari-nyari mp3-nya. Nanya salah satu teman yang pengetahuan musik dan koleksi kaset/CD/plat-nya lengkap, eh dia malah nggak punya. Gimana sih. Terus kata dia, pas dicek di Aquarius Mahakam, ternyata juga udah nggak ada, hmmph!

Terus tau-tau kemarin, nggak ada kepikiran apa-apa, gue iseng aja gitu nanya sama satu teman gue yang lain. Eh ternyata dia punya dan langsung aja gitu mp3-nya dikirim ke email gue, satu album dari album OST 3 Hari Untuk Selamanya. Horeeeee!

Eh ternyata, 2 lagu di antaranya, “Pulang” dan “3 Hari untuk Selamanya”, udah pernah gue denger! Mungkin beberapa kali di radio, tapi memang nggak pernah tahu siapa yang nyanyi. Hahahaha. Dan iyaa, gue memang suka 2 lagu itu! Ya ampuuuunn, akhirnya menemukan Float juga di tahun 2013, aneh banget rasanya! Kayak menemukan jodoh, seneng akhirnya bisa mendapatkan yang dicari-cari selama ini dan ternyata dia nggak jauh-jauh *halah* *metaforanya lebay* hahahaha.

Langsung deh lagu-lagu ini diputer-puter terus.

Lalu hari ini sembari dengerin lagu-lagu itu lagi (ya pastinya!), gue mulai belajar tentang Float di situsnya. Pas lagi liat-liat deretan foto-foto, tiba-tiba gue melihat sosok yang pernah gue kenal. Mulai bertanya-tanya siapa dia di Float. Terus waktu gue ngecek di deretan nama personil, ternyata nggak ada nama yang familiar. Oh, terus mikir, ‘oh mungkin dia salah satu fans atau pendukung band gitu kali ya’, hehehe.

Flashback: Iya jadi, pas awal kerja jadi copywriter, gue ketemu sound engineer bernama mas Benny. Dia nih yang ngerjain audio iklan televisi pertama gue di rumah produksi di daerah Kebon Jeruk. Waktu itu gue masih junior dan rekaman buat iklan televisi ini sesuatu yang sangat baru buat gue. Jadi pas kerja bareng mas Benny, gue bengong. Dia teliti banget dengerin suara-suara atau kalo ada voice over yang jelek, intonasi maupun kualitas audio, dia langsung tau. Pokoknya kupingnya sensitif banget sama suara-suara yang nggak bisa didenger sama kuping awam (lho kok jadi serem).

Sebagai anak ‘kecil’, gue langsung ngeliat orang ini keren amat. Terus ditambah lagi, koleksi lagu di komputernya oke-oke (sempet ngintip). Dan pastinya, gue kan lemah gitu ya sama laki-laki yang selera musik dan koleksi lagu serta album musiknya keren-keren (keren berdasarkan versi gue), jadi waktu itu gue kagum slash naksir sama mas Benny, hehehe. Ya kaya groupis gitu deh, soalnya terus anak-anak kantor yang lain jadi ikutan naksir, huahahaha. Walaupun abis itu nggak pernah ada lagi sesi recording di rumah produksi itu, jadi gue udah nggak pernah kerja bareng lagi deh.

Tapi terus beberapa tahun kemudian, kita sempet kerja bareng lagi, pas gue udah di kantor yang beda di studio rekaman punya dia sendiri! Tentunya pas tau dia yang ngerjain, gue berharap banyak hasilnya secanggih gue melihat hasil kerja dia jaman dulu. Eh taunya kok gak segitunya hahaha. Sedih, tapi yaaa mungkin karena pengalaman dan referensi gue udah lebih banyak, kali ya? Agak kuciwa sih waktu itu.

Nah balik ke wajah familiar yang ada di halaman biografi Float itu, iya itu adalah si mas Benny ini. Akhirnya karena penasaran, gue nanya produser iklan televisi yang dulu kerja bareng gue di studio rekamannya mas Benny. Eh ternyata bener, Benny = Bontel, yang mana adalah gitaris formasi awalnya Float sekaligus music arranger-nya. Ya ampun, hahahaha! Ah syukur lah, ternyata aransemen musikmu masih okeh dan aku tetap groupis-mu mas Benny eh bang Bontel, hahahaha!

Ah senang dengan penemuan hari ini, hehehe. Untuk Float, yak kamu menambah 1 fans lagi ya mulai hari ini!

Sekian.

3 thoughts on “mengapung

    • Belum ngerti Soundcloud, huhu. Aku belajar dulu deh. Iya nih harus menggiatkan diri update musik dan lagu😛

  1. Pingback: surat balasan | ladidadida

Leave a Reply

