diet

Diet itu horor buat gue yang susah menolak makanan ini. Bener-bener susah ngebayanginnya menolak makanan dan menolak godaan makan. Kayanya makan dan makanan (enak) itu bikin gue jadi merasa senang dan menikmati hidup gitu lho.

Terus tadinya gue mikir nggak apa-apa makan apa pun yang kita mau dan kita suka asal diimbangi dengan olahraga. Toh gue mulai rutin lari kan. Tapi terus, dengan kejadian cedera kaki, gue jadi mikir untuk mulai  mengatur pola makan. Soalnya kok udah olahraga, berat badan gue bukannya stabil atau turun, malah naik. Akibatnya selain celana-celana pada kesempitan *nangis* ya itu tadi, kaki-kaki makin keberatan bawa badan dan bikin gampang cedera.

Sementara gue pingin bisa lari terus. Iya betul, gue mulai terobsesi nih dengan kegiatan lari ini. Mungkin karena selama ini gue merasa nggak berbakat olahraga dan untuk pertama kalinya dalam hidup, sekarang gue merasa bisa melakukan olahraga. Iya lari ini mungkin olahraga yang butuh keahlian yang minim, nggak kayak tenis, berenang, basket, bahkan olahraga beladiri gitu. Plus, selain gampang dilakukan, gampang pula ngatur waktunya. Iya soalnya kan mengikuti waktu diri sendiri aja kapan bisanya dan bisa dilakukan kapan saja. Pas bisa bangun pagi terus lari pagi hayuk, males bangun pagi terus lari sore atau malem juga bisa. Plus udah merasa nggak berbakat olahraga, gue juga selalu merasa nggak cocok olahraga tim gitu, jadi ya nggak mungkin lah ya ikut-ikutan basket, tenis gitu. Ya sudah lah, memang cuma lari olahraga yang pas buat gue.

Nah, karena gue pingin bisa lari terus dalam rangka kepingin sehat dan fit. Jadi apa boleh buat nih, kayaknya memang gue harus melakukan diet! Yang tadinya lingkarannya: tetap makan apa saja -> lari -> berat badan imbang -> sehat. Sekarang gue ganti: jaga pola & jenis makanan -> berat badan imbang/turun -> bisa lari terus -> sehat.

Nggak tau deh nih, rencana dietnya sih awur-awuran tanpa konsultasi ahli gizi atau cari informasi soal diet yang benar. Tapi yang gue tau, gue harus mengurangi makan nasi dan karbo, makanan & minuman manis dan segala jenis gorengan karena selama ini memang jenis makanan itu yang paling gue sering konsumsi, hohoho *menatap nanar pada cupcake minilovebites, chatime, quickly, famous amous, carrot cake, freshtea, tahu goreng, cireng dll dsb*

3 hari ini sih udah mencoba melakukan diet dengan pola kayak gitu. Pagi: air putih lemon, makan roti bakar pake mentega tawar, kalo lapar lagi ya makan buah atau banyakin minum air putih lagi. Siang: nasi satu sendok makan, lauk dan sayur banyaaaak dan air putih banyaaak. Malem: lauk dan sayur tanpa nasi.

Hari pertama langsung sakit kepala, huhuhu. Gitu tuh kalo kurang makan nasi, pasti berasa nggak enak badan! Tapi mau gimanaaa harus bisaaaa! Jadi dilanjutin hari kedua. Tapi terus karena nggak mau sakit kepala lagi, pola makannya gue ubah nggak cuma makan 3x tapi tetap nyemil pagi dan sore. Hasilnya lebih mendingan🙂 Sekarang hari ketiga pun begitu dan udah nggak pake sakit kepala lagi. Hasil dari 3 hari ini sih badan kaya lebih enakan (yayaya mungkin sugesti karena sebenernya kelaparaaan hahaha) dan nafsu makan juga lebih terkontrol, plus yang mengherankan justru BAB ternyata jadi lebih lancar lho!

Ya mudah-mudahaaaannn bisa dijalani terus ya! Doakan saya!

Leave a Reply

