sibuk ngarang tentang kota sibuk

Gue dan Putra memang hobi membacakan buku ke Sigi sejak dia masih bayi (eh dari sejak dia di dalem perut juga deng!). Ini soal kebiasaan dan hobi juga sih, dari kecil gue dan Putra memang sama-sama senang membaca, senang ke toko buku dan punya koleksi buku yang cukup banyak.

Buku-buku cerita favorit kami waktu kecil, walaupun sudah tua, tetap tersimpan rapi di rak buku sampai sekarang. Setahun belakangan ini, gue dan Putra mulai sering membongkar koleksi lama buat dibacakan ke Sigi. Salah satunya adalah serial Busytown karangan Richard Scarry.

Serial Busytown yang diperkenalkan pertama kali ke Sigi adalah “Cars and Trucks and Things That Go”. Waktu itu Sigi berusia 18 bulan dan dia lagi tergila-gila banget sama segala jenis dan bentuk alat transportasi serta mesin berat. Dan sesuai dugaan gue dan Putra, Sigi berbinar-binar waktu baru diperlihatkan buku ini.

Serial Busytown ini memang buku cerita bergambar, jadi per halaman tulisannya cuma 2-3 kalimat dan sisanya dipenuhi oleh ilustrasi. Makanya Sigi seneng banget pas dibacakan, dia sibuk menunjuk setiap jenis kendaraan. Waktu itu dia juga udah mulai lancar bicara, jadi sembari nunjuk gambar, dia juga sibuk ngoceh, “Ini ubil…ubil…ubil juga (mobil)” Sementara kalo gak tau nama alat transportasinya, komentarnya,”Ada ini…ini…ini…” Hehehehe.

IMG_2517IMG_2518 IMG_2519IMG_2520

Nah berhubung ceritanya cuma sepotong-sepotong, gue dan Putra jadi musti bisa improvisasi bikin cerita jadi lebih panjang. Buat kita sih seru-seru aja, karena jadi ‘memaksa’ kita mengarang cerita yang menarik buat Sigi. Setiap membacakan buku ini pasti ada aja tambahan plot baru atau kata dan kalimat yang berbeda. Akibatnya sih malah kocak, pas giliran gue yang bacain, Sigi pasti kasih komentar sesuai dari yang dia dapat dari cerita bapaknya. Sebaliknya juga gitu, pas giliran bapaknya yang bacain, Sigi juga menambahkan cerita yang dia dapat dari gue, hehehe.

Bikin bingung Sigi gak? Kayanya sih enggak, gue malah merasa gara-gara improvisasi ini, kosakatanya juga makin kaya. Sementara kalo buat gue dan Putra, improvisasi gini malah bikin setiap sesi baca buku ini jadi gak ngebosenin. Bayangin aja kalo setiap hari musti ngebacain buku 48 halaman ini dua kali sehari, yang bacain juga ikut boseeeennn…yesss setiap hari! Sementara anaknya kekeuh cuma mau dibacain buku itu dan nggak bakal merem kalo belum dibacain sampai halaman terakhir *mulut kering*

Kadang-kadang sih kalo gue dan Putra lagi mati gaya buat cerita, kita suruh aja Sigi yang gantian ‘bacain’ kita, hehehe. Ya sebenernya ‘ngebacainnya’ itu cuma nunjuk-nunjuk gambar sambil nyebutin namanya satu-satu gitu (ya haloooo…anaknya baru umur 2,5 tahun gitu loh hahaha) tapi lumayan lah bapak ibunya jadi bisa libur mengarang dulu.

Dapetin serial Busytown gak susah kok, terbitan barunya kita pesan dari bookdepository.com. Lumayan lho buat pengiriman ke seluruh dunia nggak dikenakan ongkos kirim alias gratis. Buat terbitan bahasa Indonesia, kalo nggak salah sih dulu pernah ada di toko buku Gramedia, coba ceki-ceki aja.

Kalo melihat kondisi sih, kayaknya serial Busytown bakal jadi favorit Sigi sampai lamaaaaa banget. Soalnya walaupun suka gue ‘umpetin’ dan dialihkan dengan buku lain (karena bosen ngebacainnya, hehehe ampun!), tetep aja buku ini disebut-sebut dan dicari-cari. Kayak sekarang nih, buku ini gue keluarin dari rak buat kebutuhan difoto, eh pas Sigi liat dia langsung girang banget,”Ada buku keluarga babi!” (Iya ini sebutan Sigi buat buku ini karena tokoh ceritanya adalah babi-babi) dan nggak lama dia ‘baca-baca’ sambil duduk manis di teras🙂

IMG_2516

2 thoughts on “sibuk ngarang tentang kota sibuk

    • bukunya anak laki-laki yaaaa hihihi. Iya itu dia kangen, udah lama nggak dibacain buku itu hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s