#midnightbaking

Gara-gara Anya di Path, jadi terjerumus juga mencoba-coba membuat kue dan #midnightbaking. Eh sebenernya kalo gue lebih sering #morningbaking sih. Belum pernah #midnightbaking gitu…secara kayanya ngantuk dan lebih memilih bobo kalo udah malem-malem gitu kan. Males ngebayangin abis manggang kue terus harus beres-beres dan cuci-cuci piring di tengah malam.

Tapi ya pokoknya terinsiprasi oleh Anya, semangat bikin kue pun kian membara. Setelah berhasil bikin carrot cupcakes berbulan-bulan lalu dan merasa percaya diri (hahaha), kali ini akhirnya bikin apple crumble! Lalu dilanjutkan dengan cheese & spinach muffin.

APPLE CRUMBLE

Resep aslinya dari sini: http://allrecipes.co.uk/recipe/31707/simply-delicious-apple-crumble.aspx

Bahan:

  • 6 apel (1 kg) -> gue udah coba pakai apel royal gala NZ dan granny apple, dua-duanya enak!
  • Perasan air 1/2 lemon
  • 50g gula pasir
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • Crumble topping
  • 175g tepung
  • 85g gula pasir halus
  • 85g Stork Tub -> pake unsalted butter merek apapun.

Cara masak:

  1. Siapkan suhu oven 200 C
  2. Kupas apel, buang bagian tengahnya lalu dipotong-potong dadu. Setelah itu masak di panci bersama air jeruk lemon dan gula pasir.
  3. Masak apel selama 5 menit dengan panas sedang, aduk secara berkala. Tambahkan bubuk kayu manis. Dinginkan sambil menyiapkan crumble.
  4. Dalam mangkuk besar, masukan tepung, gula pasir halus dan butter yang sudah dipotong dadu. Campur menggunakan garpu untuk membuat crumble.
  5. Masukan campuran apel ke dalam piring panggang oven tahan panas. Taburkan crumble di atasnya.
  6. Panggang selama 25-30 menit sampai kuning keemasan (kalo gue selama 40 menit).

IMG_3569 IMG_3573

Ini warnanya nggak seragam gini, tapi sesungguhnya warna apple crumble ini cantik dan menggiurkan kok, hehehe. Oh yang penting lagi rasanya sungguh enaaaak. Iyak bangga juga sama diri gue bisa bikin kue begini. Pokoknya resep ini menghasilkan apple crumble yang sesuai bayangan gue tentang apple crumble, senang!

CHEESE & SPINACH MUFFIN

Resep aslinya dari sini: http://www.food.com/recipe/cheese-and-spinach-muffins-175764

1 1/4 cups susu (295,73ml)
1/3 cup butter atau 1/3 cup margarine, melted (78.07ml butter/ 76 gr)
1 telur
2 cups tepung serba guna (1 cup = 136gr = x2 = 172gr)
1/4 cup keju parmesan (diparut)
2 sdm daun bawang, dicincang
1 sdm baking powder
1/4 sdt garam
1/2 cup bayam segar, dicincang kasar, batang dibuang
1/2 cup keju swiss cheese, diparut
Keju parmesan cheese, untuk taburan di atas

Cara memasak:
1. Dalam mangkuk besar, campur susu, butter dan telur.
2. Di mangkuk terpisah, aduk tepung, keju parmesan, daun bawang, baking powder dan garam
3. Masukan campuran tepung, bayam dan keju Swiss ke dalam campuran susu hingga merata.
4. Bagi secara merata ke 12 muffin cups dan taburkan parmesan di atasnya.
5. Panggang di suhu 200c selama 18-20 menit hingga kuning keemasan.
IMG_3565

Ini juga enaaaak! Nggak nyangka sih, secara kok kayanya sehat bener isi muffin-nya. Eh ternyata enak. Ya paling enggak orang-orang rumah pada doyan, bahkan Putra, yang males makan sayur pun! Padahal gue nggak pake keju parmesan maupun keju Swiss karena sama-sama nggak punya dan males nyari, hihihi. Sebagai gantinya pakai Kraft melted cheese dan cheddar cheese biasa, hahaha. Nggak disarankan sih pakai melted cheese itu, tapi kalo darurat ya boleh juga lah :))

Oh iya, kesuksesan apple crumble di percobaan pertama, langsung bikin mamak mertua punya ide untuk menjadikan apple crumble sebagai hidangan ulang tahun adik ipar gue di dojo aikido mereka…jadi akhirnya dua hari berikutnya pun gue langsung bikin lagi. Asliii ini semangat masak mengencang sementara semangat lari dan berolahraga mengendur…oh tidak!

IMG_3610

Projek berikutnya adalah bikin kue ulang tahunnya Putra di akhir pekan ini. Super ambisius ya! Tunggu laporannya minggu depan yaaaaa…

Oh iya, baru inget dapet ini dari Festi di Pinterest. Penting! (Klik gambarnya untuk melihat dalam bentuk lebih besar)

d8b21712dd75aeef1b7ec11057251ac8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s