burger jamur

Menemukan resep yang ternyata sesuai selera itu rasanya bikin berasa jago masak deh. Seneng banget! Tadi malem uji coba resep burger dari majalah Marta Stewart Living edisi Juni 2013. Resep aslinya sebenernya ‘burger ayam jamur’ tapi karena cuma punya daging giling sapi, jadi ya modifikasi resep…alias cuma ganti daging burgernya aja.

Seperti biasa, kalo nyobain resep baru pasti deg-degan. Takut berharap tinggi eh terus taunya nggak sesuai harapan lidah. Eh ternyata kali ini sukses!

Oiya, kesalahan gue sih di saus jamurnya, karena nggak punya saus BBQ jadi gue ganti pake black paper sauce. Eh ternyata rasa sausnya terlalu mengintimidasi daging burger-nya. Tapi daging burger-nya sendiri udah enak, jadi lain kali mungkin nggak pake saus jamurnya juga nggak apa-apa. Paling ditambahin keju lembar di atas daging burger-nya pas lagi dipanggang, jadi meleleh-leleh gitu…hmmm jadi ngiler lagi!

Oke, percobaan berikutnya, daripada makan pake roti, mungkin mau tambahin salad aja. Agar diet karbonya sukses😛

 

BURGER JAMUR

Bahan:

1 sdm minyak

50gr bawang Bombay, iris memanjang

150gr jamur champignon, iris tipis

50ml saus BBQ

1 sdm madu

4 buah roti burger

75ml mayones

1 sdm peterseli cincang

Daging burger

1 sdm mentega asin

75gr bawang Bombay, cincang kasar

250gr jamur champignon, cincang kasar

350gr daging cincang (bisa ayam atau sapi)

1 butir telur ayam

1 sdt garam

½ sdt merica bubuk

1 sdt bawang putih bubuk

1 sdm saus Worchestire

 Cara memasak:

  1. Panaskan minyak di atas wajan anti lengket dengan api sedang tinggi. Tumis bawang Bombay dan jamur hingga harum dan layu. Tambahkan saus BBQ dan madu, aduk rata. Angkat.
  2. Burger: dalam mangkuk berukuran besar, aduk rata mentega, bawang Bombay, jamur, daging, telur, garam, merica, bawang putih dan saus Worchestire. Bentuk bundar pipih. Masak daging di atas wajan datar atau pemanggang BBQ hingga matang di kedua sisi. Angkat.
  3. Penyelesaian: oles permukaan roti dengan mayo. Letakkan daging di atasnya. Taburi permukaan daging dengan jamur tumis. Taburi dengan peterseli. Sajikan segera!

 

Oiya, buat resep ini nggak sempet motret. Lagian tampilan burger-nya emang nggak asoy sih, hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s