drama ratatouille quiche

Iyesss…rina kembali ke dapur! Asli ini semangat masaknya menggebu-gebu banget dan semangat lari udah tiarap total *sigh* tapi konon katanya main-main di dapur juga bisa buang kalori kok apalagi kalo diakhiri dengan cuci-cuci piring dan alat masak sendiri lalu beberes dapurnya…ho oh, pembenaran!

Jumat lalu, gue mencoba resep baru: ratatouille quiche! Plus karena udah janji sama nyokap mau bikinin apple crumble, jadi sekalian juga panggang apple crumble. Sebenernya nggak ada ngidam-ngidam apa gimana gitu sih, cuma karena liat salah satu bahan ratatoille itu ada terong, jadi semangat bikin. Malahan zucchini-nya gak gue masukin karena gue emang nggak doyan zucchini. Terus yang bikin pengen lagi karena ini quiche, jadi langsung kebayang betapa nikmatnya makan campuran tomat dan terong sama pie crust yang garing-garing, nyam!

Bikin ini sungguh lah heboh! Pertama karena harus nyiapin pie crust-nya, kedua campuran tomat dan terong dan ketiga saus keju buat disiram di atasnya. Terus, seperti biasa, karena gue suka nggak mau rugi sama gas dan oven, jadi sekali api oven nyala sebisa mungkin nggak cuma memanggang satu macam makanan. Jadinya pas persiapan bikin quiche, juga heboh nyiapin apple crumble, hehehe. Belum lagi ‘kesalahan-kesalahan’ pas eksekusi. Dari mulai adonan pie yang ternyata keras pas abis dikeluarin dari kulkas jadi susah payah bener pas mau digiling dan dimasukin ke dalam loyang, sementara apple crumble juga musti buru-buru dibakar. Lalu ternyata loyang yang dipake terlalu tinggi, jadi adonan pie-nya melorot pas dipasang. Terus campuran tomat dan terongnya menurut gue terlalu banyak sehingga loyangnya penuh banget! Sementara adonan pie-nya melorot jadi ketutup deh sama campuran tomat/terong dan saus kejunya…huhuh udah sedih nggak bakalan garing. Oh iya, adonan pie-nya pun gue bakar berkali-kali karena pas baru sekali-dua kali kok belom terasa garing.

Ya gitu deh, drama-drama memasak ini yang suka bikin gentar di tengah jalan tapi terus mengingat bahan udah dibeli dan diolah ya terpaksa harus kreatif biar bisa jalan terus. Pas jadi, rasanya enak apa enggak ya urusan belakangan lah huahahahhaa.

Untung lah, drama ratatouille quiche ini berakhir cukup bahagia. Walaupun pie crust-nya kelelep tapi untungnya ada bagian-bagian garingnya (thanks to kerewelan gue bolak-balik masukin ke oven nggak ngikutin apa kata resep, hehehe). Terus ternyata enaaaaakkk! Oh Tuhanku…senengnya menemukan sumber resep handal begini! Yang paling membahagiakan lagi, Putra nambah berkali-kali…horeee si laki-laki yang musuhan sama sayur dan buah ini akhirnya makan terong banyak, hihihi.

Cuma menurut gue, resepnya musti gue tulis ulang dengan berbagai catatan dari berbagai temuan dan ‘kesalahan’ selama eksekusi. Jadi sebelum gue bagi di blog ini, gue ‘perbaiki’ dulu yaaaa…

IMG_3703 IMG_3708 IMG_3707 IMG_3710 IMG_3721

Setelah percobaan ini, di hari berikutnya secara impulsif gue langsung ke toko alat masak & bahan kue dan beli loyang besar yang biasa dipake buat bikin lasagna itu lho…hahahaha. Gawat!

Leave a Reply

