#tips: perpanjang STNK

Jadi, akhirnya si Marchi ulang tahun pertama nih, terus saya lupa tanggalnya dan artinya terlambat urus perpanjangan STNK-nya, hehehe, orang tua macam apa ya saya? Akhirnya saya ke samsat Gandaria City. Ini kedua kalinya saya mengurus perpanjangan STNK di sini. Deket rumah dan lokasinya ideal, karena letaknya di dalam mall: bisa dilanjutkan belanja kebutuhan sehari-hari, makan siang sama bocah lalu ngajak main gratisan di wahana Hot Wheels x))

Anyway, saya gak biasanya nih nulis-nulis tips atau ulasan semacam ini, tapi ternyata pas kemarin saya ke samsat sendiri, saya grogi juga. Lupa langkah-langkahnya musti ngapain aja, bawa apa aja sehingga nggak nyiapin strategi apa-apa. Sebenernya langkah-langkahnya gampang kok, cuma selain mau berbagi pengalaman, postingan ini akan saya gunakan sebagai catatan buat di kemudian hari supaya nggak lupa dan nggak grogi lagi.

SAMSAT GANDARIA CITY

Posisinya ada di lantai 1 deket pintu belakang Informa. Kemarin saya datang dari arah Paperclip, naik lift samping Paperclip (B1) ke lantai 1. Keluar lift terus ke kiri dan ke kiri lagi, di situ lah letak si SAMSAT.

Jam buka: 09:30 – 15:00 (hari biasa) | 09:30 – 13:00 (akhir pekan)

Di SAMSAT ini bisa perpanjang SIM dan STNK tahunan, tapi tidak bisa untuk STNK mobil yang masih dalam status leasing. Berhubung kemarin saya mengurus perpanjangan STNK, jadi ngebahas itu aja ya, karena memang nggak terlalu memperhatikan untuk urusan SIM.

Perpanjang STNK, wajib bawa:

– STNK asli, BPKB asli, kartu identitas (KTP atau SIM) asli sesuai nama yang tertera di STNK dan BPKB

– 1 lembar Fotokopi STNK, BPKB, KTP/SIM

– Uang pembayaran pajak kendaraan (jumlahnya bisa dihitung dari PKB + SWDKLLJ di lembar STNK)

Untuk kebutuhan pribadi: bolpen (untuk mengisi formulir), minuman, cemilan dan bacaan (buat teman menunggu giliran), mainan/buku/iPod/iPad buat si bocah biar nggak bosen nungguin juga.

Kalau nggak sempet atau nggak bawa fotokopian dokumen, di sana tersedia mesin fotokopi, biayanya 5,ooo Rupiah untuk fotokopi 3 hal itu.

Langkah-langkah:

– Kalau belum fotokopi, silakan fotokopi dulu dokumen-dokumen yang diminta.

– Serahkan dokumen asli dan fotokopiannya ke loket perpanjangan STNK

– Setelah diperiksa oleh petugas, diserahkan kembali bersama formulir permohonan perpanjangan STNK yang harus kita isi sendiri.

– Isi sesuai petunjuk.

– Kembalikan formulir yang telah diisi beserta dokumen asli dan fotokopi, ke loket atau ke dalam boks di depan loket.

– Setelah dipanggil, langsung menuju loket untuk melakukan pembayaran dan serah terima dokumen serta STNK baru.

– Pulang🙂

Poin-poin yang harus diingat (terutama buat diri sendiri):

– Datang di hari biasa, sebelum jam 10. Paling ideal jam 9.30 sudah di tempat jadi nomor gilirannya masih kecil dan menunggu gilirannya juga nggak terlalu lama.

– Bawa cemilaaaan…kemarin lupa banget, si bocah ngerengek-ngerengek terus mau makan ibu! Mau makan, lapar Ibu, lapar! Padahal belum jam makan juga x) untung lah ada iPod penyelamat.

– Urusan perpanjangan butuh waktu 30-45 menit, jadi ya siap-siap aja.

– Inget ya ulang tahun si Marchi itu awal Februari, jadi jangan sampai terlambat lagi x)

Sekian!

7 thoughts on “#tips: perpanjang STNK

  1. thanks buat tipsnya.. singkat, padat, dan berbobot🙂
    saya juga sudah pernah perpanjang stnk di gancit, tapi selalu lupa langkah-langkahnya karena ngga dicatat.. untung ada tulisan ini🙂

  2. Kalo perpanjang stnk yang udah lewat tgl belum 1 bulan sih telatnya bisa ga di samsat gancit? (Kelupaan juga buat perpanjang) . Terima kasih infonya yaa

  3. Mau tanya, misalkan perpanjang sim yg sudah lewat/ expired selama 6 bulan apa masih bisa diurus di samsat gandaria ini ya?
    Thanks infonya

    • Hai mbak, sori baru liat komen ini. Nah, kurang tau deh info itu. Terakhir sih pernah baca info kalau udah telat harus urus ulang di Daan Mogot. Tapiii, lupa ketentuannya telat berapa lama. maaf ya kalau jawabannya kurang membantu. Good luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s