kata-kata mutiara

Semakin berumur (haha) sepertinya semakin suka mikirin kalo gue dan apa yang gue bisa lakukan hari ini adalah hasil dari pelajaran-pelajaran di masa lalu😛 terutama dari orang-orang di sekitar gue. Nggak selalu hal yang hebat atau inspiratif gitu deh, malah “hal-hal sepele” yang mungkin buat orang lain biasa ajaaaaa…tapi dipikir-pikir lagi, yang nggak penting-nggak penting itu justru amat penting! Menyelamatkan hidup gue malah! Berikut kata-kata mutiara yang bukan dari Pinterest x))) yang akan selalu gue ingat sepanjang masa.

“Kerja yang kamu suka dan kamu nikmati. Soalnya seberat apapun pekerjaan itu, pasti kamu akan tetep seneng melakukannya. Kalo kamu nggak suka pekerjaanmu, biar kerjaannya gampang, tetep aja kamu akan merasa berat ngejalaninnya…” ~ bokap

Suatu hari di tengah kegalauan gue sebagai fresh graduate yang akhirnya bikin gue yakin untuk mengundurkan diri dari pekerjaan saat itu lalu memilih jalur yang berbeda dari ilmu kuliah gue. Dan gue pun merasa lebih pede dengan pilihan itu.

Memasak nasi dengan dandang. “Cuci berasnya sampai airnya nggak terlalu keruh. Terus kasih air setinggi sekuku jari. Aron berasnya sampai airnya sat, jangan sampai gosong. Abis itu masukin ke dandang, masak sampe kira-kira 30 menit.” ~ nyokap

Gue gak inget kapan dapet ilmu ini, tapi yang jelas teringat terus sampe sekarang. Ada rice cooker, bisaaa, masak nasi pake dandang, nggak masalah! Lebih enak malah🙂

“Happiness is an option, Rin. Kan lo gak bisa minta gue bertanggung jawab atas kebahagian lo. Yang bisa bikin lo bahagia, ya lo sendiri.” ~ seseorang dari masa lalu😛

Isshh…Diinget-inget ini dulu yang ngomong udah bikin gue nangis-nangis selama beberapa masa, tapi terus kata-kata ini juga yang bisa bikin gue move on dari drama-drama yang terjadi. Makasih loh!

“Kalo cuci piring yang dicuci pertama itu gelas!” ~ tante gue

Ini lama loh gue ngertinya kenapa harus gitu. Udah gitu, gue selalu lupa nanya tiap kali ketemu. Akhirnya semakin gede, jadi ngerti sendiri atau yah ini asumsi gue aja sih. Kenapa harus gelas duluan karena busa pembersihnya masih bersih dari minyak-minyak dari piring bekas makan, jadi minyaknya nggak akan nempel di gelas. Kalo minyak nempel di gelas kan jadi gak enak minumnya. Yah walaupun jawaban sebenarnya masih misteri, gue selalu melakukan ritual ini saat cuci piring :)))))

“Kalo batuk-batuk pas bobok malem, kakinya digosokin pake anget-anget abis itu dipakein kaos kaki. Pasti batuknya berkurang” ~ seorang teman

“Kalo batuk-batuk nggak berhenti, bisa jadi badanmu dingin, masuk angin! Digosokin pake anget-anget ya!” ~ nyokap

Pengetahuan ini baru gue dapet 2-3 tahun ini. Untuk pengidap alergi dingin dan sinusitis kronis, ini penting banget karena terbukti mujarab, hehehe. Apalagi semakin berumur kok rasanya semakin ringkih dan gampang kedinginan gini x)

“Kata oma, pas suami pulang (kantor), jangan cuma dasteran. Pagi sebelum pergi liat kamu dasteran, pulang dasteran lagi. Padahal dia abis ketemu yang cantik-cantik di kantor…” ~ mama mertua menceritakan ajaran mamanya/ omanya Putra

Mmmm tetep aja sih gue dasteran, hahahahahahha. But, yes I get her point! Paling nggak, kalo Putra pulang, pas makan malam pasti terhidang makanan yang enak-enak😛

“Sekolah itu jangan cuma ngejar nilai. Ngejar relasi juga, temenan sama siapa aja, karena bisa aja mereka-mereka itu yang bakal ngasih kamu kerjaan pas lulus kuliah…” ~ seorang oom

Ini agak telat sih dapetnya, tapi kata mutiara si oom ini akan gue teruskan ke Sigi karena memang benar adanya🙂

Baiklah, sementara ini dulu karena nggak inget apalagi. Tapi akan ditambah kalau inget kata-kata mutiara yang menggugah hidup gue :))))

Leave a Reply

